Penyebab Mata Katarak

Banyak kasus mengenai mata katarak, namun tidak ketahui secara pasti dan detail penyebab dari mata katarak, berbeda dengan penyakit mata lainnya. Sebagian besar penyebab mata katarak terjadi karena proses degeneratif dengan bertambahnya usia seseorang. Katarak biasanya akan muncul pada usia lanjut. Menurut data statistik menunjukkan bahwa lebih dari 90 % orang berusia di atas 65 tahun menderita katarak, dan 55 % seseorang yang memasuki usia 75-85 tahun kekuatan atau daya penglihatannya semakin berkurang akibat katarak. Katarak merupakan suatu penyakit mata yang sangat berbahaya bahkan sampai menimbulkan kebutaan total.

Katarak itu sendiri diartikan sebagai suatu gangguan mata pada lensa mata ( bola mata hitam menjadi putih ) sehingga menyebabkan cahaya tidak dapat masuk melalui retina mata. Mata katarak dapat dilihat adanya warna putih pada bola mata bagian tengah. Katarak akan berkembang dan mempengaruhi penglihatan seseorang dalam jangka waktu 3-5 tahun kemudian, seseorang baru akan menyadari penyakitnya setelah memasuki stadium kritis.

 Perbedaan mata normal dengan mata katarak

Bentuk bola mata dan susunan jaringan pada mata

Gejala-gejala katarak diawali dengan :

1. Terjadi pada usia lanjut sekitar usia 50 tahun keatas
2. Gatal-gatal pada mata
3. Sering keluar air mata
4. Penglihatan kabur pada malam hari
5. Tidak dapat menahan sinar lampu atau kilau cahaya yang langsung menembus mata
6. Penderita akan merasa seperti melihat awan di depan penglihatannya, menutupi lensa mata
7. Bila sudah mencapai tahap akhir atau stadium lanjut penderita katarak akan kehilangan penglihatannya.

Selain itu perlu diketahui penyakit katarak tidak hanya diderita oleh seseorang yang berusia lanjut, akan tetapi katarak dapat terjadi pada bayi bila sang ibu terindentifikasi virus pada saat mengandung, penyebabnya meliputi :

1. Faktor keturunan

Faktor keturunan akan gen sering kali menjadi salah satu penyebab terjadinya suatu penyakit turunan

2. Cacat bawaan sejak lahir

Kebiasaan seorang ibu ketika masa kehamilan kurang menjaga kebersihan diri dan kesehatan lainnya

3. Masalah kesehatan, misalnya diabetes.

Bila sang ibu memiliki riwayat suatu peyakit seperti diabetes, karena penderita diabetes cenderung lebih menyukai makanan dan minuman yang serba manis. Bahkan terkadang pola makan seorang wanita yang sedang hamil nafsu makan akan meningkat tajam.

4. Penggunaan obat tertentu, khususnya steroid.

Ada beberapa wanita yang ketika dalam masa kehamilan suka mengkonsumsi obat-obat medis tertentu, misalnya untuk menjaga janin, obat penenang dsb. Obat-obatan medis mungkin memberi efek baik bagi tubuh anda namun tak menutup kemungkinan berakibat buruk pada bayi ketika lahir.

5. Mata tanpa pelindung terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama

Bila anda sering berpergian atau dalam masa kehamilan anda masih beraktivitas, disarankan untuk menggunakan kacamata pelindung untuk melindungi mata anda dari sinar matahari yang terik khususnya pada siang hari. Karena ibu hamil lebih sensitif.

6. Operasi mata sebelumnya

Mungkin anda pernah melakukan operasi mata sebelumnya. Jalan operasi bukanlah satu-satunya solusi dari penyembuhan suatu penyakit, terkadang operasi yang pernah dilakukan sebelumnya akan memberi dampak negatif setelah beberapa waktu lamanya akan timbul kembali rasa sakit tersebut.

7. Trauma (kecelakaan) pada mata

Rasa trauma yang pernah terjadi mungkin pernah mengalami suatu kecelakaan hingga melukai mata anda.

Penyebab lainnya yang mempercepat pembentukan mata katarak, adalah :

a. Faktor lingkungan

Keadaan suatu lingkungan mempengaruhi manusia dalam tingkat kesehatan tubuh dan organ tubuh anda lainnya, seperti mata. Contoh kongkret yang dapat dipelajari adalah rokok, asap rokok juga dapat membuat mata perih, berair karena asap rokok yang mengenai mata akan masuk ke retina dan pupil mata. Debu pada lingkungan yang kurang terawat dan bahan beracun lainnya.

b. Cedera mata

Suka mengucek mata dengan tangan yang belum tentu bersih dapat menyebabkan mata mudah memerah, berair sehingga membuat mata mudah luka atau yang biasa dikenal masyarakat luas dengan ” sakit mata” yang ditandai terus-menerus mengeluarkan cairan mata, mata menjadi perih dsb

c. Penyakit metabolik (misalnya diabetes)

Adanya suatu penyakit yang diderita juga dapat menimbulkan penyakit mata lainnya. Diabetes yang gejalanya dan penyebabnya karena kadar gula dalam darah yang tidak terkendali membuat aliran darah dan oksigen keseluruh bagian tubuh tersendat tak terkecuali mata.

d. Obat-obat tertentu (misalnya kortikosteroid)

Pengaruh obat-obatan medis juga dapat memberikan dampak negatif bagi mata anda, tak hanya mata namun bagian organ tubuh yang lebih mudah diserang adalah ginjal. Disarankan apabila anda menderita suatu penyakit cobalah dengan mengkonsumsi bahan herbal yang memang sudah diakui khasiatnya tanpa menimbulkan efek samping negatif karena herbal dapat dikonsumsi dalam jangka panjang.

Faktor yang mempengaruhi terjadinya katarak adalah:

- kadar kalsium darah yang rendah
- diabetes
- pemakaian kortikosteroid jangka panjang
- berbagai penyakit peradangan dan penyakit metabolik.
- faktor lingkungan (trauma, penyinaran, sinar ultraviolet).


=====================================

>>> Bilberry Eyebright Plus Membantu Pengobatan Katarak Mata, Mencegah dan Membantu Mengatasi Penyakit Mata Katarak, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Katarak and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>