Macam – Macam Katarak

Gangguan pada mata, seperti penyakit mata katarak memiliki macam-macam katarak, diantaranya :

1. Katarak Kongenital

Katarak kongenitalis merupakan katarak yang biasa diderita pada bayi atau anak-anak yang disebabkan oleh infeksi atau virus yang dimiliki sang ibu ketika masa kehamilan. Katarak kongenital dapat dikatakan sebagai jenis katarak turunan ( diwariskan secara autosomal dominan ) atau yang dapat disebabkan oleh :
- Infeksi kongenital, seperti campak Jerman
- Berhubungan dengan penyakit metabolik, seperti galaktosemia.

* Faktor resiko terjadinya katarak kongenitalis adalah:
- penyakit metabolik yang diturunkan
- riwayat katarak dalam keluarga
- infeksi virus pada ibu ketika bayi masih dalam kandungan.

2. Katarak Senilis

Katarak yang biasa mendera pada orang dewasa atau usia lanjut karena proses penuaan.

* Katarak pada dewasa dikelompokkan menjadi:

- Katarak immatur

Pada katarak jenis ini lensa mata masih memiliki bagian yang jernih

- Katarak hipermatur

katarak yang memiliki tingkat kedua dari katarak immatur. Namun pada katarak jenis ini bagian permukaan lensa sudah melukai kapsul lensa yang dapat mengakibatkan peradangan pada struktur mata lainnya.

- Katarak matur

Katarak jenis ini merupakan katarak yang dapat dikatakan parah karena lensa mata seluruhnya keruh

Sebagian besar lensa mata akan keruh menjelang usia 60 tahun. Biasanya penderita akan mengalami gangguan pada salah satu mata dengan adanya perubahan penglihatan terutama gambar atau bayangan benda akan semakin tidak terlihat. Banyak penderita katarak yang hanya mengalami gangguan penglihatan yang ringan dan tidak sadar bahwa mereka menderita katarak.

3. Katarak Traumatik

Katarak yang disebabkan oleh trauma atau kecelakaan langsung pada mata.

4. Katarak Komplikata

Katarak yang disebabkan oleh infeksi atau penyakit tertentu seperti penyakit diabetes mellitus ( kencing manis )

Bentuk bola mata dan jaringan urat syaraf dalam tiap bagian mata

Macam-macam tekhnik dalam operasi katarak. Ada 2 macam teknik yang biasa dilakukan pada operasi katarak, yaitu:

1. Fakoemulsifikasi

Fakoemulsifikasi merupakan tekhnik operasi paling modern. Pada operasi tekhnik ini hanya dengan membuka sayatan kecil sekitar 3 mm di sisi kornea mata. Kemudian pada lensa mata yang berwarna putih atau katarak akan dihancurkan menjadi kepingan dengan menggunakan getaran ultrasonik dan disedot keluar dan lensa mata akan diganti dengan lensa intra-okuler kemudian akan dimasukkan melalui sayatan kecil yang sudah dibuka. Sayatan kecil tersebut tidak kemudian dijahit kembali guna mempercepat aktivitas mata anda kembali normal. Operasi dengan cara Fakoemulsifikasi dapat menghabiskan waktu kurang lebih sekitar 30 menit.

2. Ekstraksi Katarak Ekstra Kapsuler

Ekstraksi Katarak Ekstra Kapsuler (EKEK) merupakan tekhnik operasi yang sedikit berbeda pada tehnik operasi Fakoemulsifikasi. Pada tekhnik operasi Ekstraksi Katarak atau Ekstra Kapsuler membutuhkan sayatan yang cukup besar untuk mengeluarkan dan mengganti lensa mata katarak dengan lensa mata intraokuler yang tidak dapat dilipat, kemudian sayatan tersebut dijahit kembali dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pemulihan penglihatan seseorang kembali normal.


=====================================

>>> Bilberry Eyebright Plus Membantu Pengobatan Katarak Mata, Mencegah dan Membantu Mengatasi Penyakit Mata Katarak, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Katarak and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>