Cara Mengatasi Katarak

Cara Mengatasi Katarak – Penyakit katarak biasanya akan berjalan perlahan-lahan namun lama kelamaan akan menyebabkan kehilangan dari kefokusan dalam menangkap suatu benda atau cahaya yang semakin lama semakin berkurang bahkan pandangan terhadap suatu benda tidak dapat dilihat secata menyeluruh dalam arti penglihatan kabur. Memang pada umumnya katarak dapat mendera seseorang ketika memasuki usia diatas 50 tahun.

Cara Mengatasi Katarak

Cara Mengatasi Katarak

Penyakit Katarak

Sebagian besar masyarakat berpendapat apabila seseorang dinyatakan memiliki penyakit mata katarak, jalan pertama yang ditempuh adalah dengan melakukan operasi pengangkatan lensa mata yang sudah keruh (katarak) dan kemudian menggantinya dengan lensa buatan. Namun sebenarnya ada cara lain yang dapat ditempuh apabila seseorang terdeteksi memiliki katarak mata, cara yang paling efektif, sederhana dan tradisional juga dapat menjadi penolong bagi seseorang yang ingin mengobati mata katarak, meskipun cara tradisional membutuhkan waktu yang cukup lama, namun dapat mencapai hasil yang lebih baik daripada dengan cara operasi, berapa banyak pasien yang telah menjalani operasi dari suatu macam penyakit, namun kemudian beberapa waktu berikutnya timbul kembali penyakit tersebut.

Obat Katarak

Beberapa macam herbal yang dapat digunakan untuk meringankan, cara mengatasi katarak dan mengobati katarak, yakni :

  1. 50 gr kacang kapri kemudian direbus dengan air 500 cc sampai mendidih dan tersisa air 250 CC, saring, minum ketika hangat dan kacang kapri dimakan seperti biasa.
  2. Minum jus wortel setiap hari 1 gelas pada pagi dan malam hari
  3. Bakar atau rebus 2-3 siung bawang putih yang telah dikupas kulitnya, kemudian kunyah secara perlahan, ambil sari yang keluar dari bawang putih dan telan. Bawang putih juga sangat dipercaya dapat membantu membersihkan kristal-kristal di lensa mata.
  4. Gunakan beberapa bunga labu, kemudian cuci bersih dan dibuat jus atau sari minuman dari bunga labu. Balurkan pada tiap permukaan kelopak mata 2x sehari. Dengan menggunakan bunga labu dapat menghentikan pengaburan lensa mata.
  5. 1 sendok teh bubuk adas manis, 1 sendok teh ketumbar dan 1 teh gula merah. Campurkan seluruh bahan dalam 1 gelas ukuran sedang yang berisi air matang kemudian aduk rata. Sajikan dalam takaran 12 gr di pagi dan malam hari.
  6. Menurut pengobatan tradisional Timur Tengah seperti Mesir, biasanya menggunakan madu asli dan murni yang kemudian memasukkan beberapa tetesan madu tersebut pada mata katarak. Cara ini merupakan cara yang cukup efektif
  7. Kacang Almond juga bisa membantu mengatasi katarak. Caranya, haluskan 7 biji kacang dengan setengah gram lada hitam dan masukkan ke dalam setengah cangkir air, minumlah setelah ditambah dengan satu sendok teh kembang gula. Cara ini dinyatakan membantu mengembalikan kekuatan mata.
  8. Nutrisi tertentu terbukti bermanfaat dalam mengatasi katarak. Tak hanya manusia yang mengalami katarak, pada sebuah percobaan yang pernah dilakukan oleh beberapa hewan yang memiliki katarak, disebabkan karena kekurangan asam pantotenat dan asam amino, tryptophane dan vitamin B6 yang diperlukan untuk proses asimilasi tryptophane. Karena itu, pasien katarak sebaiknya mengonsumsi diet yang kaya vitamin B2 dan B6, serta vitamin B kompleks, asam pantotenat, vitamin C, D, E dan nutrisi-nutrisi lainnya

Untuk stadium awal, mungkin penyakit katarak masih bisa diobati dengan menggunakan beberapa obat herbal diatas, namun untuk penyakit mata katarak yang sudah stadium lanjut cara mengatasinya yang paling efektif dilakukan adalah dengan pembedahan katarak. Pemberian dari anestesi lokal biasanya akan diinfiltrasikan pada sekitar bola mata dan juga pada kelopak mata atau bisa juga dengan cara diberikan secara topikal. Jika kondisi sosial memungkinkan, maka pasien akan bisa dirawat sebagai salah satu kasus perawatan sehari dan juga tidak membutuhkan perawatan rumah sakit.

Operasi Katarak Mata

Operasi penyakit katarak mata bisa dilakukan dengan cara :

  1. Insis luas pada bagian perifer kornea atau sklera anterioir, dan kemudian diikuti dengan ekstraksi pada katarak ekstrakapsulaer. Kemudian insisi ini harus dijahit sebagai salah satu cara mengatasi katarak.
  2. Likuifikasi lensa yang dilakukan dengan menggunakan pribe ultrasonografi yang caranya dimasukkan lewat insisi yang lebih kecil lagi pada kornea atau juga pada sklera anterior. Biasanya cara mengatasi katarak mata ini tidak dibutuhkan suatu teknik penjahitan. Sekarang metode ini merupakan salah satu metode yang paling banyak dilakukan di negara barat.

Kekuatahn dari implan lensa intraokular yang akan digunakan dalam operasi biasanya akan dihitung sebelumnya dengan cara mengukur panjang dari mata dengan ultrasonik dan juga dari kelengkungan kornea dengan cara optik. Selain itu, kekuatan pada lensa biasanya akan dihitung sedangkan pasien tidak akan membutuhkan kacamata dalam melihat penglihatan yang jauh. Dan pilihan dari lensa ini baisanya dipengaruhi dari refraksi pada mata kontralateral dan apakah ada kayarak mata tadi membutuhkan operasi. Sebaiknya jangan biarkan pasien mengalami masalah perbedaan refraktif dibagian kedua mata Anda.

Setelah operasi dilakukan maka pasien akan diberikan obat tetes mata steroid dan juga antibiotik yang akan diberikan dalam jangka pendek. Kacamata baru juga biasanya akan diresepkan selama beberapa minggu, ketika bekas insisi sudah sembuh. Rehabilitasi secara bisual dilakukan dan persepan kacamata baru biasanya akan dilakukan dengan lebih cepat lagi dengan menggunakan metode falkomulsifikasi.

Cara Mengatasi Katarak


=====================================

>>> Bilberry Eyebright Plus Membantu Pengobatan Katarak Mata, Mencegah dan Membantu Mengatasi Penyakit Mata Katarak, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Katarak and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>